Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Berita: Jokowi Bakal Pindahkan Ibu Kota

Jokowi Bakal Pindahkan Ibu Kota Jokowi Bakal Pindahkan Ibu Kota Bagaimana pendapat Anda dengan rencana pemindahan ibu kota? Kota mana yan...

Jokowi Bakal Pindahkan Ibu Kota

Jokowi Bakal Pindahkan Ibu Kota

Bagaimana pendapat Anda dengan rencana pemindahan ibu kota? Kota mana yang menurut Anda paling tepat untuk dijadikan ibu kota?

Indonesien Jakarta Bus (Getty Images/AFP/J. Samad)

Pemerintah berencana memindahkan ibu kota ke luar Jawa. Dikutip dari detik.com, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro untuk mengkaji rencana itu.
Bambang menjelaskan, beban Jakarta sebagai ibu kota sudah terlalu berat. Pembangunan dan permukiman penduduk yang terus berjalan membuat Jakarta semakin padat. "Jakarta pusat segalanya, keuangan, industri, bisnis dan pusat pemerintahan. Melihat kemacetan yang semakin parah, penurunan muka tanah semakin parah, maka perlu ada upaya untuk memecah konsentrasi pembangunan wilayah ini."

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Wajah Baru Mesir

    Pemerintah Mesir berniat membangun ibukota baru buat menggantikan Kairo yang dibanjiri masalah populasi, polusi dan kebersihan. Kota baru itu belum bernama. Diperkirakan biaya pembangunannya akan menelan dana sebesar 90 miliar Dolar AS. Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Kuwait masing-masing siap menyediakan dana lima miliar Dolar AS buat membiayai rencana Abdul Fattah al-Sisi

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Brasilia di Tangan Oscar Niemeyer

    Mesir menginginkan apa yang telah berhasil diwujudkan Brasil. Ibukota Brasilia adalah contoh terbaik bagaimana pembangunan ibukota baru seharusnya dilaksana kan. Kota yang dibangun tahun 1960 ini menampung lusinan karya arsitek Oscar Niemeyer.

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Tumbuh Alami

    Didesain oleh Niemeyer dan ditata oleh rekannya, Lúcio Costa, Brasilia kini menikmati pertumbuhan pesat dengan sektor jasa yang mendominasi struktur perekonomian ibukota. Berkat infrastruktur modern dan tingginya kualitas hidup, Brasilia ditahbiskan sebagai salah satu kota terbaik di Amerika Selatan.

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Astana, Jantung Baru Kazakhstan

    Berpindah dari Almaty tahun 1998, ibukota baru Kazakhstan, Astana, dipoles lewat tangan arsitek Jepang, Kisho Kurokawa. Kota berpenduduk 800.000 jiwa ini adalah simbol ambisi tak berbatas milik Presiden Nursultan Nazarbayev yang berkuasa sejak 1989

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Ibukota Terdingin Kedua di Dunia

    Usianya yang tergolong muda membuat paras Astana dipenuhi bangunan modern yang dibuat arsitek-arsitek ternama. Tapi ada karakter unik lain yang membuat Astana menjadi spesial. Kota yang dulunya bernama Akmoly itu tercatat sebagai ibukota paling dingin kedua di dunia setelah Ulaanbataar, Mongol, dengan rata-rata temperatur musim dingin yang mencapai -35 derajat Celcius.

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Abuja Yang Tak Kunjung Rampung

    Dibangun sejak dekade 1980-an, Abuja adalah proyek kostruksi yang tak kunjung usai. Kota ini awalnya dipilih lantaran dianggap netral karena tidak termasuk wilayah kesukuan atau didiami oleh pemeluk agama tertentu. Tapi Abuja belum tuntas. Hingga kini pemerintah Nigeria masih berupaya mewujudkan rencana awal

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Lagos, Ditinggal lalu Berkembang

    Serupa dengan Mesir, Nigeria memindahkan pusat pemerintahan ke Abuja buat melarikan diri dari Lagos yang semakin sesak. Tapi berbeda dengan ibukota, Lagos tumbuh berkembang sejak kehilangan statusnya sebagai jantung negara. Kota di tepi singai Ogun ini tercatat sebagai kota dengan pertumbuhan ketujuh tercepat di dunia.

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Islamabad Hadiah Kemerdekaan

    Sejak 1966, setelah merdeka dari penjajahan Inggris, Pakistan memiliki ibukota baru di kaki gunung Himalaya. Bernama Islamabad alias Kota Islam, kota ini banyak dipuji karena tata kelola yang baik. Saat ini Islamabad menampung sekitar d ua juta penduduk.

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Karachi, Jantung Ekonomi Pakistan

    Serupa dengan Brasil, jantung perekonomian Pakistan tetap berdetak di bekas ibukota Karachi. Kota ini mencatat tingkat produk domestik brutto yang termasuk salah satu tertinggi di Asia Selatan. Pada dekade 1960-an Karachi tumbuh pesat sehingga mendorong pemerintah Korea Selatan untuk mencontek tata kelolanya buat pembangunan Seoul.

  • default

    Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

    Naypyidaw, Dari Junta Militer buat Myanmar

    Kepindahan ibukota Myanmar dari Yangoon ke Naypyidaw yang digagas junta militer berlangsung cepat. Setelah gedung pemerintahan selesai dibangun, junta mengirimkan 1100 truk buat mengangkut semua pegawai negeri. Mereka awalnya harus hidup terpisah dari ke luarga karena belum selesainya fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit. Kota ini juga memiliki jalan protokol paling lebar di dunia

    Penulis: rzn/vlz


Pusat perekonomian tetap di Jakarta

Namun, Bambang menegaskan yang akan dipindahkan adalah pusat pemerintahan, sementara pusat perekonomian tetap di Jakarta.

Dikatakannya lebih lanjut: "Tidak mungkin kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak pasar. Jadi kita yang bisa kita lakukan adalah kontrol. Satu-satunya yang bisa dikontrol adalah pusat pemerintahan," imbuhnya. Diharapkan, pemindahan pusat pemerintahan ini bakal rampung pada tahun 2019 mendatang.

  • Indonesien Old City of Jakarta's project (C. Boll)

    Manusia Di Balik Tembok Laut

    Mengabadikan keseharian

    Inilah kisah sejumla h warga Jakarta Utara yang hidup dalam kegelisahan karena menghadapi ancaman permanen. Seperti misalnya yang dialami nelayan ini. Fotografer Cynthia Boll mengikuti kehidupan penduduk di Jakarta Utara dan merekam keseharian mereka mereka, untuk menunjukkan kepada pengguna Facebook yang aktif dan berusia produktif tentang kehidupan para nelayan ini.

  • Indonesien Old City of Jakarta's project (C. Boll)

    Manusia Di Balik Tembok Laut

    Perjuangan anak manusia

    Banjir tak menyurutkan langkah si kecil untuk menuntut ilmu. Dalam proyek fotonya bertajuk: ‘The People Behind The Seawall’, Boll menunjukkan bagaimana warga di utara Jakarta berjuang menghadapi banjir, naiknya permukaan laut, rumah yang tenggelam, harus ke sekolah saat banjir dan kekurangan air bersih. Inilah keseharian yang mereka hadapi.

  • Indonesien Old City of Jakarta's project (C. Boll)

    Manusia Di Balik Tembok Laut

    Ancaman tenggelam

    Jakarta dihuni sekitar 20 juta jiwa. Salah satu dari 5 kota terpadat di dunia ini berada di delta 13 sungai dan 40% daratannya di bawah permukaan laut, hingga rentan kebanjiran. Diperkirakan 1/3 kota bisa tenggelam dalam kurun waktu 30 tahun mendatang. Saat ini, Jakarta bergantung pada tembok laut berusia 40 tahun yang seharusnya dapat menjaga ibukota dari luapan air Laut Jawa.

  • Indonesien Old City of Jakarta's project (C. Boll)

    Manusia Di Balik Tembok Laut

    Kampanye publik

    Proyek Utarakan Jakarta "The People Behind The Seawall̢۪ diluncurkan Boll dkk. di Facebook 1 Ok tober 2015. Setelah proyek foto dipamerkan, selanjutnya seluruh instalasi pameran Utarakan Jakarta dihibahkan pada Konsorsium Kota Tua yang meneruskan kampanye ini pada publik Jakarta khususnya warga di kawasan itu. Kota Tua adalah bagian dari sejarah Jakarta yang harus dijaga agar tidak tenggelam.

  • Indonesien Old City of Jakarta's project (C. Boll)

    Manusia Di Balik Tembok Laut

    Menanti partisipasi masyarakat

    Masyarakat diajak untuk membagikan pengalaman mereka, memberikan komentar, berpartisipasi lewat angket dan bertindak aktif. Untuk informasi lebih lanjut hubungi C.Boll, inisiator proyek di Cynthia@cynthiaboll.nl. Editor: ap/as (foto:Cynthia Boll)


Perluasan pertumbuhan
Diharapkan, perpindahan pusat pemerintahan tersebut dapat memicu laju pertumbuhan baru di wilayah sekitar lokasi ibu kota."Kita berharap nantinya pembangunan wilayah lebih tersebar, karena mau tidak mau pusat pemerintahan akan menjadi magnet. Dia tidak akan menjadi pusat bisnis atau keuangan, tapi pusat pemerintahan ini akan menciptakan pusat pertumbuhan baru di seputar wilayah yang akan menjadi lokasi ibu kota yang baru," tambah Bambang.
Meski sudah menentukan lokasi ibu kota di luar Jawa, pemerintah belum mengungkapkan lokasi pastinya. "Pokoknya di luar pulau Jawa, saya belum bisa sebutkan nama kotanya," tandas Bambang. Sebelumnya beredar kabar Palangkaraya, Kalimantan Tengah menjadi salah satu pilihan, sebagaimana yang pernah diimpikan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

  • Bildergalerie Oost-Indische Compaignie (VOC) (public domain)

    Metamorfosis Sungai Ciliwung

    Nadi Peradaban

    Tanpa Ciliwung Jakarta mungkin tidak pernah ada. Sungai sepanjang 120 kilometer itu ikut melahirkan peradaban awal berupa Kerajaan Tarumanegara. Kesultanan Banten, pemerintahan kolonial Portugal dan Belanda menggunakan Ciliwung sebagai jalur transportasi utama dan sumber air minum. Namun sejarah panjang sungai tersebut kini nyaris dilupakan.

  • Indonesien Umweltverschmutzung in Jakarta (Getty Images/AFP/G. Chai Hin)

    Metamorfosis Sungai Ciliwung

    Pelarian Kaum Terbuang

    Sejak 40 tahun terakhir wajah bantaran Ciliwung dipenuhi pemukiman kumuh buat kaum terpinggirkan. Ketiadaan ruang hidup yang terjangkau memaksa mereka menempati lahan milik negara tersebut. Buruknya perencanaan tata kota dan infrastruktur untuk mendukung pemukiman penduduk membuat Ciliwung menjadi daerah kotor dan berpolusi.

  • Indonesien Umweltverschmutzung in Jakarta (Getty Images/AFP/G. Chai Hin)

    Metamorfosis Sungai Ciliwung

    Polusi demi Uang

    Namun begitu penduduk bukan satu-satunya sumber polusi Ciliwung. Studi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama empat tahun yang dipublikasikan 2014 silam menyebut 17 perusahaan rajin membuang limbahnya di sungai tersebut. Pada 2011 Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah BPLHD Jakarta telah memperingatkan, air resapan tanah di Ciliwung telah terkontaminasi bakteri E Coli lebih dari 90 persen.

  • Indonesien Umweltverschmutzung in Jakarta (Getty Images/AFP/G. Chai Hin)

    Metamorfosis Sungai Ciliwung

    Proyek Masa Depan

    Bahkan sejak 1995 perusahaan air minum Jakarta, PT Palyja dan PT Aetra, tidak lagi mengambil air dari Ciliwung, melainkan Waduk Jatiluhur, Jawa Barat. Seharusnya harga air buat sekitar 5 juta konsumen di Jakarta bisa berkurang drastis jika kejernihan air Ciliwung bisa dikembalikan. Dengan kebutuhan air yang kian melonjak, normalisasi Ciliwung menjadi proyek masa depan yang tak bisa diabaikan

  • Symbolbild - Toilette in Indonesien (picture-alliance/dpa)

    Metamorfosis Sungai Ciliwung

    Polemik di Bantaran Sungai

    Rencana itu kemudian dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2012. Normalisasi Ciliwung melibatkan pelebaran bibir sungai hingga mencapai 50 meter, seperti pada era kolonial Belanda. Namun hal tersebut berarti menggusur penduduk yang tinggal di bantaran sungai. Ujung-ujungnya proyek pemprov DKI itu mengundang polemi k dan kritik karena dianggap mengorbankan penduduk miskin.

  • Indonesien Umweltverschmutzung in Jakarta (Getty Images/AFP/A. Berry)

    Metamorfosis Sungai Ciliwung

    Perang Identitas Kota

    Arus balik animo publik berkutat pada masalah penggusuran. Sejumlah aktivis menilai normalisasi Ciliwung mengebiri identitas kota dan mengubur predikat Jakarta yang inklusif buat semua. Membangun tanpa menggusur menjadi moto yang dirapal oleh sebagian pakar tata kota. Pemerintah Provinsi sebaliknya terkesan ingin mempercepat normalisasi karena khawatir kehilangan momentum politik jelang Pilkada

  • Indonesien Umweltverschmutzung in Jakarta (Getty Images/AFP/G. Chai Hin)

    Metamorfosis Sungai Ciliwung

    Penggusuran atau Relokasi?

    Penggusuran sebagai bagian dari normalisasi sungai adalah ganjalan terbesar. Menurut Pemprov DKI, sebanyak 75.000 keluarga harus direlokasi untuk membebaskan bantaran sungai dari pemukiman kumuh. Kondisi tersebut menambah rumit masalah Ciliwung. Tidak heran jika rencana awal menyebut proyek normalisasi akan memakan waktu hingga 20 tahun.

  • Indonesien Umweltverschmutzung in Jakarta (Getty Images/AFP/G. Chai Hin)

    Metamorfosis Sungai Ciliwung

    Jernih Sungai Ciliwung

    Perlahan wajah Ciliwung mulai berubah. Sungai yang dulunya dipenuhi sampah dan berbau busuk, kini bersih dan terkesan asri. Pemerintah dan penduduk berharap normalisasi bisa menghadang banjir yang tiap tahun menggenangi bantaran sungai. Namun proyek raksasa ini belum akan se lesai dalam waktu dekat. Prahara yang menyertai penggusuran pun akan terus berlanjut selama belum ada model pendekatan lain


ap/yf(detik/kompas/viva)

Laporan Pilihan

Perbandingan Sistem MRT di ASEAN

Jakarta kelak akan memiliki sistem transportasi massal berbasis rel alias MRT. Namun ibukota Indonesia itu jauh tertinggal dibandingkan sejumlah negeri jiran di ASEAN. Simak perbandingannya. (10.03.2017)

Memilih Pemimpin Jakarta

Tiada hari tanpa pemberitaan ‘panasnya pilkada Jakarta 2017‘. Berbagai pergolakan politik mewarnai proses pemilihan orang nomor satu di ibukota negara ini. Inilah serba-serbi dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. (07.02.2017)

Manusia Di Balik Tembok Laut

Bagaimana rasanya terus hidup dalam ancaman? Inilah nasib yang dialami sebagian warga di Jakarta Utara yang hidup di balik tembok la ut dan tergerus ombak. Kecemasan itu terekam dalam gambar. (28.11.2016)

Metamorfosis Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung adalah nadi kehidupan sejak era Tarumanegara hingga Jakarta. Setelah dijadikan lubang sampah ibukota, sungai bersejarah itu mulai berubah. Kini Ciliwung menjadi ladang perseteruan demi identitas kota (12.01.2017)

Ibukota Buatan: Dari Brasilia Hingga Naypyidaw

Mesir berniat memindahkan pusat pemerintahan ke kota baru di timur Kairo. Negeri para nabi itu bukan yang pertama. Beberapa negara lain sudah mencoba membangun ibukota baru. Sebagian berhasil. Yang lain terbentur realita (18.03.2015)

  • Tanggal 11.04.2017
  • Kata Kunci ibu kota, jakarta, dki, dki jakarta, palangkaraya, jokowi, kalimantan, kalimantan tengah
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2b1yN
Sumber: DW

Reponsive Ads