Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Berita: Komandan Abu Sayyaf Tewas dalam Serbuan Militer

Komandan Abu Sayyaf Tewas dalam Serbuan Militer Komandan Abu Sayyaf Tewas dalam Serbuan Militer Militer Filipina melaporkan, komandan Abu...

Komandan Abu Sayyaf Tewas dalam Serbuan Militer

Komandan Abu Sayyaf Tewas dalam Serbuan Militer

Militer Filipina melaporkan, komandan Abu Sayyaf Muammar Askali alias Abu Rami tewas dalam tembak-menembak di Pulau Bohol. Dia diduga berada dibalik pemenggalan sandera Jerman baru-baru ini.

Philippinen - Militäroffensive (picture alliance/dpa/B. Hajan)

Tentara Filipina berhasil mengepung kubu militan Abu Sayyaf di Pulau Bohol. Enam militan Abu Sayyaf dan tiga serdadu militer Filipina tewas dalam insiden itu, dua serdadu menderita luka-luka.

Kepala Staf Militer Jenderal Eduardo Ano mengatakan hari Rabu (12/4), militan yang terbunuh antara lain komandan Abu Sayyaf Muammar Askali alias Abu Rami.

Dia diduga kuat berada dibelakang aksi pemenggalan sandera Kanada dan Jerman beberapa waktu lalu. Kelompoknya berlayar jauh dari basis mereka di Selatan Filipian untuk melakukan aksi penculikan baru, kata Eduardo Ano.

"Ini merupakan prestasi yang sangat besar dan pukulan besar terhadap Abu Sayyaf," katanya kepada wartawan.

Somalia 2009 - Jürgen Kantner & Sabine Merz, Seeleute (Getty Images/AFP/M. Abdi)

Warga Jerman Jürgen Kantner dipenggal kelompok Abu Sayyaf karena tidak ada uang tebusan

Tubuh Rami ditemukan setelah bentrokan bersenjata di sebuah desa di kota pesisir Inabanga, sekitar 600 kilometer selatan Manila, jelasnya.

"Banyak sekali aksi-aksi kekejaman Abu Rami," kata Eduardo Ano. "Dia bahkan dipandang sebagai salah satu calon pemimpin Abu Sayyaf di masa depan."

Menurut laporan intelijen militer, Abu Rami memerintahkan pemenggalan dua warga Kan ada pada tahun 2016 dan sandera Jerman berusia 70-tahun pada Februari lalu, setelah tuntutan kelompoknya untuk uang tebusan tidak dipenuhi.

Abu Rami juga yang merencanakan aksi penculikan pasangan Jerman dari negara bagian Sabah, Malaysia, April 2014. Para sandera dibebaskan enam bulan kemudian setelah pembayaran uang tebusan senilai 5 juta dolar AS.

Jenderal Eduardo Ano mengatakan, Rami dan 10 anak buahnya melakukan perjalanan ke Bohol untuk menculik wisatawan asing dan lokal, namun rencana mereka digagalkan karena warga melaporkan keberadaan orang bersenjata kepada pihak berwenang.

  • Russischer Truppenabzug aus Afghanistan

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Melawan invasi Soviet di Afghanistan

    Abu Sayyaf Group (ASG) didirikan sekitar tahun 1990 oleh Abdurajak Abubakar Janjalani, yang makin radikal setelah berpergian ke negara-negara Timur Tengah. Tahun 1988, Janjalani dilaporkan berjumpa Osama bin Laden di Pakistan dan berjuang bersama melawan invasi Soviet di Afghanistan. Setelah itu, Janjalani mulai mengembangkan misinya untuk mengubah Filipina selatan menjadi negara Islam.

  • Philippinen Rebellen Moro National Liberation Front

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Merekrerut Eks MNLF

    Setelah secara permanen kembali ke Filipina dari Timur Tengah, Janjalani merekrut anggota dari Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) yang kecewa dengan organisasinya, untuk menjadi cikal bakal ASG. Eks-MNLF ini dikenal lebih radikal dalam ideologi mendirikan negara Islam independen daripada mantan organisasi induknya.

  • Infografik Abu Sayyaf Englisch

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Lokasi geografis & jumlah anggota

    Abu Sayyaf dalam bahasa Arab berarti bapak ahli pedang. Kelompok separatis Abu Sayyaf terdiri milisi yang berbasis di sekitar kepulauan selatan Filipina, seperti Jolo dan Basilan. Menurut kantor berita Associated Press, jumlah pengikutnya hingga tahun 2015 sekitar 400 orang.

  • Philippinische Soldaten Suche nach deutschen Geiseln 17.10.2014 Jolo

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Militer dan WNA jadi sasaran

    Sepanjang tahun 1990-an, ASG beralih menggunakan aksi kekerasan untuk mendapatkan pengakuan, antara lain terlibat dalam pemboman, penculikan, pembunuhan, dan serangan terhadap pemeluk Kristen dan orang asing. ASG juga membidik militer Filipina sebagai sasaran kekerasan.

  • Abu Sayyaf Rebellen Mitglieder

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Janjalani tewas, ASG pun retak

    Setelah pasukan polisi Filipina tewaskan Janjalani dalam baku tembak 1998, ASG retak. Satu faksi dipimpin saudaranya, Khadaffy Janjalani, faksi lain dipimpin Galib Andang. Ketika aliran dana Al Qaida berkurang, kelompok teror itu mencari uang lewat penculikan. Tahun 2000, ASG menculik 21 orang dari sebuah resor di Malaysia. Foto: Mereka berpose di kamp setelah membebaskan 3 sandera

  • AP Iconic Images 11. September World Trade Center

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Jadi target operasi anti teror AS

    Sebagai buntut dari serangan Al Qaida 11 September, 2001 di Amerika Serikat, ASG juga jadi target pasukan AS dan Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) di bawah Operation Enduring Freedom. Galib Anda ng ditangkap tahun 2003.

  • Archiv Umar Patek Bali Bomber

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Konsolidasi dan serangan mematikan

    ASG konsolidasi lagi & lakukan beberapa serangan besar di awal 2000-an. Termasuk serangan paling mematikan di Manila Bay yang menewaskan 116 orang tahun 2004. Terpidana terorisme Indonesia Umar Patek, pernah didapuk jadi anggota Majelis Syura Abu Sayyaf pada tahun 2005-2006. Kini ia menawarkan bantuan negosiasi guna bebaskan 10 sandera asal Indonesia.

  • Extremisten der Terrorgruppe Abu Sayyaf mit den deutschen Geiseln Archiv

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Penculikan dan pemenggalan

    Sejak 2007 ASG sering mengancam untuk memenggal kepala sandera jika tak dibe rikan uang tebusan. Kebanyakan korban penculikan adalah warga Filipina, orang asing di Filipina selatan, termasuk wisatawan dan pekerja asing. Beberapa analis dan pejabat pemerintah menilai ASG lebih menyerupai geng kriminal daripada sebuah organisasi ideologis.

  • Philippinische Soldaten Suche nach deutschen Geiseln 16.10.2014

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Terkecil, tidak dianggap, tapi paling radikal

    Lantaran tidak diajak bernegosiasi, ASG 2014 silam berusaha melemahkan putaran terakhir perundingan damai antara pemerintah dan separatis Filipina. Juli 2014, ASG menewaskan 21 Muslim yang merayakan akhir Ramadhan di Jolo, sebagai balasan atas dukungan mereka dalam proses perdamaian. Di tahun yang sama 2 warga Jerman diculik Abu Sayyaf. Operasi pembebasan dilakukan besar-besaran.

  • Symbolbild - Flagge ISIS

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Mendukung ISIS

    Tahun 2014 sekelompok orang yang mengaku anggota ASG memublikasikan video untuk mendeklarasikan loyalitas terhadap ISIS. Para ulama dan pejabat percaya bahwa kesetiaan ASG kepada IS semata-mata untuk mempromosikan kepentingan sendiri. IS diyakini tidak memberikan dana atau dukungan material lain untuk ASG.

  • Philippinen Deutsche Geisel Stefan Viktor Okonek 18. Oktober

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Sandera Jerman dibebaskan

    Bulan September 2014, ASG mengancam akan membunuh sandera Jerman, menuntut Jerman membayar tebusan dan menarik dukungannya kepada AS. Stefan Okonek dan Henrike Dielen ditangkap pada April 2014 ketika kapal pesiar mereka mengalami kerusakan di sekit ar Pulau Palawan, Filipina. Dua sandera ini akhirnya dibebaskan 17 Oktober 2014 setelah para militan mendapat uang tebusan.

  • Philippinen Rolando Del Torchio, Abu Sajaf-Opfer

    Inilah Profil Abu Sayyaf

    Pembebasan warga Italia

    Selain 10 sandera warga Indonesia, beberapa warga asing ikut menjadi korban penculikan dan ancaman pemenggalan tahun ini. Satu di antaranya,warga Italia, Rolando Del Torchio, yang dibebaskan April silam. Saat ini Abu Sayyaf dipimpin oleh Isnilon Hapilon, seorang warga Filipina yang kini jadi buronan Amerika.

    Penulis: ap/rzn (stanford.edu, berbagai sumber)


Masih ada lima yang kita lacak," katanya. "Mereka tidak menjadi ancaman lagi bagi warga kami. Kami sedang melakukan operasi pengejaran."

"Kami selalu mengimbau warga agar meningkatkan kewaspadaan. Dan yang sangat penting, mereka berbagi atau melaporkan kepada kami jika ada gerak-gerik orang yang mencurigakan di daerahnya," tambahnya.

Hari Selasa (11/2), 11 anggota militan Abu Sayyaf menyerakan diri kepada militer di Zamboanga City di selatan Filipina. Pihak berwenang Flipina berharap lebih banyak orang menyerahkan diri.

Amerika Serikat dan Australia sebelumnya sudah memperingatkan adanya "informasi yang belum dikonfirmasi, bahwa sel teroris mungkin mencoba melakukan penculikan" di Pulau Bohol dan Provinsi Cebu.

Militan Abu Sayyaf hingga kini masih menahan sekitar 20 sandera, termasuk 12 pelaut Vietnam, 7 warga Indonesia dan seorang pria Belanda yang diculik pada tahun 2012.

  • Irak / IS / Islamischer Staat / Irakischer Soldat (picture-alliance/dpa)

    7 Organisasi Teror Paling Ditak uti Pimpinan Dunia

    Islamic State di Irak dan Suriah (ISIS)

    Didirikan 2004 tapi baru terkenal secara global 2014 setelah mengumumkan sepihak berdirinya kekalifahan di kawasan luas Irak dan Suriah. Di bawah pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi, ISIS terkenal lewat teror brutalnya, antara lain pemenggalan kepala para sandera, perbudakan seks perempuan dan penghancuran situs bersejarah.

  • Abu Sayyaf (Getty Images/AFP/R.Gacad)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Abu Sayyaf Group

    Organisasi teror di Flipina ini berbasis di kepulauan Jolo dan Basilan. Didirikan 1991 dimasukan daftar grup teroris AS 1997. Abu Sayyaf bertanggung jawab atas serangan teror sebuah ferry di Filipina (2004) yang menewaskan 116 orang. Grup ini mendapat dana dari tebusan sandera dan perompakan kapal barang. Tujuan utama Abu Sayyaf adalah mendirika n negara Islam merdeka di selatan Filipina.

  • Somalia Al-Shabaab Miliz (Symbolbild) (Stringer/AFP/Getty Images)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Harakat al-Shabaab al-Mijahideen

    Terkenal sebagai al-Shabaab, organisasi teror ini beroperasi di kawasan Timur Afrika terutama di Somalia dan Kenya. Tahun 2006 Al Shabaab merebut kawasan luas di Somalia termasuk ibukota Mogadishu, tapi 2007 berhasil digempur mundur pasukan Somalia dan Ethiopia. Sejak itu grup beroperasi dari kawasan pedesaan dan melancarkan serangan ke kota. Anggota Al Shabaab ditaksir sekitar 9.000 orang.

  • Pakistan Islamischer Staat Führer Hafiz Saeed (picture-alliance/dpa/TTP)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Tehrik-e Taliban Pakistan

    Taliban di Pakistan sejak 2007 menjalin aliansi dengan sejumlah kelompok radikal lainnya di kawasan perbatasan ke Afghanistan. Kelompok ini tidak memiliki kaitan langsung dengan Taliban di Afghanistan. Grup afliasi Al Qaeda ini terutama menentang pemerintahan Pakistan serta militernya. Grup ini juga terkenal anti ideologi barat dan sering melancarkan serangan pembunuhan.

  • Nigerianische Rebellen Niger Delta (picture-alliance/AP Photo/G. Osodi)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Jamā’at Ahl as-Sunnah lid-Da’wah wa’l-Jihād

    Kelompok teroris yang didirikan 2002 ini lebih terkenal dengan nama Boko Haram. Terutama beroperasi di Nigeria namun meluaskan aksinya di negara tetangga Chad, Nig er dan Kamerun. Boko Haram membunuh sedikitnya 15.000 warga sipil dan menculik 276 gadis Chibok yang memicu kecaman internasional. Grup teroris ini berafiliasi dengan ISIS dan bertujuan menumbangkan pemerintahan Nigeria.

  • Amnesty International Bericht zu Verbrechen in Syrien-Krieg - Kämpfer Al-Nusra-Front (picture-alliance/Al-Nusra Front via AP)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Tahrir al-Sham

    Dulu kelompok teror yang berafiliasi dengan Al Qaeda ini bernama Front Al-Nusra. Pertengahan tahun 2016 kelompok ini menyempal dari Al Qaida dan membentuk aliansi dengan kelompok jihadis militan Sunni lainnya di Suriah dan memakai nama baru Tahrir al-Sham. Grup ini memainkan peranan utama dalam perang saudara di Suriah dan berada di pihak pember ontak yang ingin menumbangkan rezim Bashar al-Assad.

  • Libanon Syrien Israel Hisbollah Trauerfeier in Beirut (J. Eid/AFP/Getty Images)

    7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

    Hizbullah Libanon

    Organisasi ini adalah partai politik sekaligus kelompok militan bersenjata Syiah. Didirikan 1982 dengan bantuan keuangan dan latihan militer Iran, sebagai reaksi atas invasi Israel ke selatan Libanon. Hizbullah terutama melancarkan serangan atas target Israel, Amerika dan barat. Dalam konflik Suriah, Hizbullah mendukung presiden Bashar al-Assad. Penulis: Cristina Burack (as/yf)


hp/yf (rtr, dpa, afp)

Laporan Pilihan

7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Pimpinan Dunia

Pemimpin dunia mengidentifikasi terorisme intern asional sebagai ancaman paling serius bagi stabilitas global. Walau kriteria terorisme terus berubah, namun kebrutalan 7 kelompok teror ini membuat ngeri pemimpin dunia. (01.03.2017)

Inilah Profil Abu Sayyaf

Kelompok Abu Sayyaf dikenal tanpa ampun memenggal sandera & musuhnya. Warga Indonesia tak luput jadi sasaran penculikan. Siapa dan bagaimana sepak terjang organisasi separatis di Filipina ini? (15.04.2016)

  • Tanggal 12.04.2017
  • Kata Kunci Abu Sayyaf, Filipina, Jolo, Bohol, militan, militer, Abu Rami, penculikan, penyanderaan, uang tebusan, Indonesia, Vietnam, nelayan
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Fee dback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2b7TX
Sumber: DW

Reponsive Ads