Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Saham Freeport-McMoRan Terangkat Berkat Indonesia

Saham Freeport-McMoRan Terangkat Berkat Indonesia Saham Freeport-McMoRan Terangkat Berkat Indonesia Freeport-McMoRan Inc. gagal mencapai ...

Saham Freeport-McMoRan Terangkat Berkat Indonesia

Saham Freeport-McMoRan Terangkat Berkat Indonesia

Freeport-McMoRan Inc. gagal mencapai target pemasukan, namun harga sahamamnya tertolong karena Indonesia memberi waktu enam bulan lagi untuk menyesuaikan diri dengan regulasi baru.

Bergbau in Indonesien (Getty Images/AFP)

Perusahaan pengelola salah satu tambang tembaga dan emas terbesar dunia itu hari Selasa (25/4) melaporkan laba bersih pada kuartal pertama sebesar $ 228 juta. Angka yang cukup menggembirakan, dibandingkan dengan kerugian $ 4,18 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Gagal mencapai target, tapi harga saham terangkat. Freeport-McMoran disambut kembali oleh para investor di pasar saham, setelah Indonesia menunda penerapan larangan ekspor konsentrat tembaga selama enam bulan.

Freeport-McMoRan terkena dampak regulasi baru di Indonesia yang membatasi ekspor produk-produk tertentu. Hal itu menyebabkan turunnya produksi pada operasi pertambangan di Indonesia dimulai pertengahan Januari lalu.

Pembatasan ekspor konsentrat dari pertambangan Grasberg yang diberlakukan pemerintah Indonesia akhirnya "ditunda" pekan lalu. Freeport mendapat waktu enam bulan dari pemerintah Indonesia untuk melanjutkan operasinya, sementara negosiasikan ulang untuk lisensi dan perjanjian yang baru masih dilakukan.

Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

Freeport Grasberg di Papua adalah salah satu tambang tembaga dan emas terbesar dunia

"Berdasarkan analisis kami, kesepakatan jangka pendek di Grasberg inilah yang merupakan langkah kunci untuk penyelesaian masalah pada perusahaan di Indonesia,&quo t; kata analis dari Jefferies, Christopher LaFemina.

Freeport McMoran yang berbasis di Phoenix, Amerika Serikat ini selama kuartal pertama taghun ini memangn menjual lebih sedikit tembaga dan emas daripada yang diproyeksikan, karena hambatan ekspor yang ada di Indonesia.

Secara per saham, Freeport membukukan laba bersih 16 sen. Hasil ini tidak sesuai dengan ekspektasi di pasar bursa Wall Street. Perkiraan rata-rata sembilan analis yang disurvei oleh Zacks Investment Research adalah laba bersih sampai 17 sen per saham.

Freeport melaporkan pendapatan sebesar 3,34 miliar dolar AS pada kuartal pertama, yang juga berada di bawah ekspetasi pasar. Para analis tadinya mengharapkan pendapatan sekitar 3,51 miliar dolar AS. Pada kuartal yang sama tahun lalu, Freeport membukukan pendapatan sebesar 3,24 miliar dolar AS.

Sekalipun gagal mencapai target, harga saham Freeport-McMoRan naik 84 sen, atau hampir 7 persen, menjadi 13,07 dolar AS pada sesi perdagangan sore har i Selasa (25/4).

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Duri dalam Daging

    Harus diakui, PT Freeport adalah salah satu perusahaan asing yang paling kontroversial di Indonesia. Hubungan antara perusahaan yang bermarkas di Phoenix, AS, dengan pemerintah selama ini dipenuhi kekisruhan dan perseteruan. Tidak heran jika jelang negosiasi perpanjangan kontrak, kedua pihak kembali bersitegang.

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Bola Api dari Jakarta

    Terakhir, raksasa tambang AS itu berseteru dengan pemerintah soal Kontrak Karya dan izin ekspor. Kontrak yang ada saat ini akan berakhir tahun 2021 dan Jakarta enggan memperpanjang karena khawatir merugi. Sebab itu Kementerian Energi dan SDM mengajukan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi Freeport buat memperpanjang kontrak.

  • Indonesien Freeport McMoRan's Grasberg Goldmine in Papua (Getty Images/AFP/O. Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Simalakama Freeport

    Tahun 2017 pemerintah mengubah status Kontrak Karya yang dikantongi Freeport menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Bersamanya Freeport wajib membangun fasilitas pemurnian alias smelter dalam waktu lima tahun dan menyerahkan 51% saham tambang Grasberg pada Indonesia. Namun Freeport menolak klausul tersebut karena dinilai merugikan.

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Menyambung Nyawa

    Lantaran gagal memenuhi persyaratan yang diajukan, pemerintah mencabut izin ekspor Freeport dan sejak 2015 hanya memberikan izin sementara yang berlaku selama enam bulan. Situasi ini menyudutkan Freeport karena tidak bisa mengekspor ketika harga Tembaga sedang melambung. Terlebih tambang terbuka Grasberg nyaris habis masa pakainya dan Freeport harus mulai menambang tembaga di bawah tanah.

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Tekanan Pasar

    Lantaran sikap keras Jakarta, Freeport merumahkan 12.000 pegawai akibat penurunan produksi. Kemelut di Indonesia akhirnya berimbas nega tif pada saham Freeport. Analis pasar menganjurkan investor jangka panjang untuk tidak membeli saham Freeport hingga kisruh kontrak diselesaikan. JP Morgan bahkan menurunkan status Freeport dari "Overweight" menjadi "Neutral."

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/T.Eranius)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Gali Lubang Demi Utang

    Tekanan pasar pada Freeport bertambah besar lantaran ketidakjelasan soal izin ekspor. Tahun ini Freeport merencanakan kapasitas produksi tambang Grasberg sebesar 32% dari total volume produksi perusahaan. Demi membiayai produksi dan menutup utang, perusahaan itu telah menjual sahamnya di tambang-tambang Afrika, dan mulai menambang tembaga berkualitas tinggi di Papua.

  • Australien Bergbau (AFP/Getty Image)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Terganjal Regulasi

    Freeport berdalih akan berinvestasi senilai 15 miliar Dollar AS untuk mengubah Grasberg menjadi tambang bawah tanah. Untuk itu mereka menginginkan kepastian perpanjangan Kontrak Karya hingga 2041. Namun menurut UU Minerba, Indonesia hanya bisa menegosiasikan kontrak dua tahun sebelum masa berlakunya berakhir, dalam hal ini tahun 2019.

  • Indonesien Demo vor dem Sitz von Freeport McMoran Inc. in Jakarta (picture alliance/Photoshot/Xinhua/Zulkarnain)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Jalan Buntu buat Dua Pihak

    Akhirnya kedua pihak tidak bisa mengalah dan berniat membawa kasus Grasberg ke Mahkamah Arbitrase Internasional. Buat Freepo rt, menerima IUPK berarti kehilangan kuasa atas salah satu sumber pemasukan terbesarnya. Sementara pemerintah Indonesia juga enggan mundur dari tuntutannya karena terancam merugi dan kehilangan muka di hadapan publik. Penulis: Rizki Nugraha/ap (dari berbagai sumber)


hp/yf (ap)

Laporan Pilihan

Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

Kemelut antara Indonesia dan PT Freeport berpotensi cuma akan menghasilkan pecundang. Kedua pihak terjebak dalam pertaruhan besar seputar tambang Grasberg, tanpa ada jalan keluar. (23.02.2017)

  • Tanggal 26.04.2017
  • Kata Kunci Indonesia, Freeport, McMoran, Grasberg, Papua, pasar saham, larangan ekspor
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2by5R
Sumber: DW

Reponsive Ads