Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Banjir Houston: Antisipasi perampokan, jam malam diterapkan

Banjir Houston: Antisipasi perampokan, jam malam diterapkan Hak atas foto Erich Schlegel/...

Banjir Houston: Antisipasi perampokan, jam malam diterapkan

banjir houstonHak atas foto Erich Schlegel/Getty
Image caption Praktik penjarahan, perampokan bersenjata dengan modus menyamar sebagai polisi dilaporkan mulai terjadi di kawasan yang terdampak banjir.

Otoritas kota Houston, Amerika Serikat, telah mengumumkan penerapan jam malam untuk mengantisipasi dampak sosial akibat badai Harvey yang melanda wilayah itu.

Badai tersebut telah mengakibatkan curah hujan tinggi, sehingga menyebabkan sebagian besar wilayah kota itu terendam air, sejumlah rumah hancur, serta setidaknya 15 orang dilaporkan tewas.

Walikot a Houston, Sylvester Turner mengatakan, pihaknya telah menerapkan jam malam untuk menjaga kemungkinan adanya aksi penjarahan dan perampokan di kota terbesar keempat di AS tersebut.

  • Sekitar 40 keluarga asal Indonesia mengungsi akibat banjir di Houston
  • Badai Harvey menghantam dan banjir dahsyat melanda kawasan Texas
  • Mereka yang terlalu miskin untuk kabur dari Badai Harvey

Presiden AS, Donald Trump telah mengunjungi Texas pada Selasa untuk melihat langsung dampak kerusakan akibat badan Harvey.

Aturan jam malam akan berlangsung dari pukul 00:00 waktu setempat untuk jangka waktu tidak terbatas.

Hak atas foto Getty Images
Image caption Ribuan orang dilaporkan telah meninggalkan rumah mereka untu k menungunsi di tempat penampungan darurat setelah banjir parah melanda Houston.

Para relawan, petugas penyelamat, dan orang-orang yang berangkat dan pulang kerja akan dibebaskan dari aturan jam malam ini.

Turner mengatakan aturan jam malam ini diharapkan dapat mencegah "kejahatan" terhadap rumah-rumah yang ditinggalkan pemiliknya. "Jam malam ini untuk mencegah kemungkinan tindakan kriminal," kata Turner.

Praktik penjarahan, perampokan bersenjata dengan modus menyamar sebagai polisi dilaporkan mulai terjadi di kawasan yang terdampak banjir.

Hak atas foto BRENDAN SMIALOWSKI/Getty
Image caption Para relawan, petugas penyelamat, dan orang-orang yang berangkat dan pulan g kerja akan dibebaskan dari aturan jam malam ini.

Ribuan orang dilaporkan telah meninggalkan rumah mereka untuk menungunsi di tempat penampungan darurat setelah banjir parah melanda Houston.

Presiden Trump dan ibu negara Melania Trump sebelumnya tiba di wilayah teluk dan patnai Corpus Christi, Texas, lokasi yang terdampak paling parah akibat Badai Harvey pada Jumat lalu.

Setelah mendarat di Texas, Trump mengatakan dia ingin bantuan yang diberikan kepada korban merupakan contoh terbaik dalam menangani bencana badai. "Kami ingin melakukannya lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Hak atas foto Erich Schlegel/Getty
Image caption Menurut otoritas AS, curah hujan yang terjadi pada Selasa di Texas telah memecahkan rekor. Alat pengukur hujan mencatat curah hujan telah mencapai ketinggian 132 cm sejak Jumat lalu.

Namun Trump dipastikan tidak akan mengunjungi Houston, dengan alasan dia tidak ingin kunjungannya dapat mengganggu tanggap darurat, kata Gedung Putih.

Menurut otoritas AS, curah hujan yang terjadi pada Selasa di Texas telah memecahkan rekor. Alat pengukur hujan mencatat curah hujan telah mencapai ketinggian 132 cm sejak Jumat lalu.

Lebih dari 13.000 orang di wilayah terdampak telah diselamatkan dan kemudian diungsikan ke lokasi yang dianggap lebih aman.

Sumber: BBC

Reponsive Ads