Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Menelusuri kehidupan Kim Jong-un yang penuh misteri

Menelusuri kehidupan Kim Jong-un yang penuh misteri Hak atas foto AFP/KCNA ...

Menelusuri kehidupan Kim Jong-un yang penuh misteri

Kim Jong-unHak atas foto AFP/KCNA
Image caption Kim Jong-un dikatakan telah menjadi ayah untuk yang ketiga kali bersama istrinya (foto kebersamaan Kim Jong-un dan istrinya pada Maret 2017).

Korea Utara memang negara yang serba tertutup dalam berbagai hal, begitu pun dengan kehidupan keluarga Kim Jong-un, pemimpin negara itu, yang diselimuti misteri.

Namun berbagai laporan dari lembaga mata-mata Korea Selatan, menyebutkan bahwa istrinya, Ri Sol-ju, melahirkan anak ketiga pada bulan Februari tahun ini.

Spekulasi tentang kehamilannya mulai beredar pada 2016 saat dirinya tida k pernah lagi terlihat di depan umum.

  • Apakah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un orang yang rasional?
  • Tak tampil tujuh bulan, istri Kim Jong-un dikhawatirkan 'disingkirkan'
  • Dubes AS di PBB tuduh Kim Jong-un dalam 'kondisi paranoia'

Ri Sol-ju diyakini telah melahirkan anak-anaknya yang lain pada 2010 dan 2013, namun belum diketahui apakah Kim Jong-un mempunyai putra pewaris untuk menggantikannya, karena jenis kelamin anak pertama dan ketiga dari pasangan tersebut masih belum jelas.

Kami hanya mengetahui anak keduanya, seorang gadis cilik bernama Ju-ae, karena bintang basket AS Dennis Rodman, teman dekat Jong-un secara tak sengaja mengatakannya dalam sebuah wawancara dengan media Guardian pada 2013.

Dia mengatakan "bersantai di pantai" bersama keluarga Kim saat berkunjung ke negara tersebut dan menggambarkan Jong-un sebagai seorang "ayah yang baik" yang "memiliki keluarga bah agia".

Mengapa ada begitu banyak misteri?

Media milik pemerintah Korea Utara tidak banyak mengumumkan tentang kehidupan pribadi keluarga sang pemimpin negara tersebut.

Tak banyak yang tahu tentang bagaimana Kim Jong-un dididik dalam keluarganya dan dia hanya tampil untuk pertama kalinya di depan umum pada September 2010, beberapa saat sebelum kematian ayahnya.

Hak atas foto AFP/Getty
Image caption Kim Jong-un dilaporkan kuliah di Eropa dengan menggunakan nama lain.

Kami bahkan sama sekali tidak tahu kapan dia lahir, tapi diperkirakan dirinya lahir pada tahun 1983 atau 1984.

Kakeknya, Kim Il-sung (yang mendirikan Republik Rakyat Demokratik Korea Utara) seringkali terlih at tampil bersama istrinya di depan umum dan dalam berbagai foto bersama anak-anak mereka.

Tapi ayah serta pendahulunya, Kim Jong-il jauh lebih sulit dipahami. Dia diperkirakan memiliki setidaknya empat pasangan yang berbeda - Song Hae-rim, Kim Young-sook, Ko Young-hui dan Kim Ok - tapi sebagian besar jalinan hubungannya jauh dari sorotan publik.

Hak atas foto Reuters
Image caption Kim Jong-il kecil berfoto bersama Kim Il-sung dan ibunya Kim Jong-suk.

Namun, dia memiliki tiga anak laki-laki dan satu perempuan.

Televisi Korea Utara menamai istri Kim Jong-un sebagai "Kamerad Ri Sol-ju" setelah pada 2012 beredar spekulasi identitas seorang perempuan yang datang bersamanya dalam be rbagai acara - namun pasangan tersebut kemungkinan sudah menikah tiga tahun sebelumnya.

Rumitnya silsilah penerus

Sebagai putra bungsu dari Kim Jong-il, Kim Jong-un dianggap bukan sosok populer untuk mengambil alih posisi ayahnya, tapi kemudian dia ditunjuk untuk menggantikannya pada tahun 2011 setelah ayahnya meninggal.

Perhatian tertuju pada sejarah keluarga Kim Jong-il yang rumit usai kakak tirinya, Kim Jong Nam dibunuh di sebuah bandar udara awal tahun ini.

Hak atas foto AFP/Getty
Image caption Jong-nam (foto semasa kanak-kanak, dan foto terkini) dikabarkan menikmati gaya hidupnya yang selalu berpesta saat berada di pengasingan.

Sebuah video misterius beredar viral menampilk an seorang pria bernama Kim Han-sol mengaku sebagai putra Kim Jong Nam - membuat seorang pewaris laki-laki lebih penting lagi bagi pemimpin Korea Utara.

Pada Agustus 2013, lembaga negara Korea Utara dilaporkan mengkaji supremasi garis keturunan Bekdu - istilah garis keturunan dari Kim Il Sung - untuk melegitimasi dinasti Kim dalam kepemimpinan di negara tersebut

Siapakah istri Kim?

Hanya sedikit yang bisa diketahui tentang perempuan bernama Ri Sol-ju tersebut, namun dia dilaporkan secara luas adalah seorang penyanyi yang menarik perhatian Kim saat dirinya tampil dalam sebuah pertunjukan.

Memang ada seorang penyanyi Korea Utara lainnya dengan nama yang sama, namun belum pernah diketahui pasti apakah mereka adalah orang yang sama.

Para pengamat hanya meyakini Kim Jong-un dan Ri Sol-ju memiliki tiga anak karena dia lama tak terlihat di muka umum dan hal ini tidak pernah dikonfirmasi secara resmi.

Hak atas foto AFP/KCNA
Image caption Kim Jong-un dan istrinya berfoto dengan pemain basket AS Dennis Rodman pada tahun 2014 silam.

Gaya berpakaian yang kebarat-baratan dan caranya yang santai saat berinteraksi dengan sang suami di depan umum menarik perhatian dan dijadikan perbandingan dengan gaya istri mantan presiden AS, Michelle Obama.

Hal ini membuat banyak kalangan berharap Jong-un akan menyukai gaya kepemimpinan moderat, namun hubungan internasional negara tersebut baru saja memburuk secara drastis setelah serangkaian uji coba rudal.

Sumber: BBC

Tidak ada komentar

Latest Articles