Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Poligami Tak Semudah Memuntahkan Sperma ke Lubang Baru

Poligami Tak Semudah Memuntahkan Sperma ke Lubang Baru Indonesia Poligami Tak Semudah Memuntahkan Sperma ke Lubang Baru Kutipan dalam j...

Poligami Tak Semudah Memuntahkan Sperma ke Lubang Baru

Indonesia

Poligami Tak Semudah Memuntahkan Sperma ke Lubang Baru

Kutipan dalam judul ini menjadi viral setelah seorang istri pesohor religi mencurahkan perasaannya di media sosial. Bagaimana pandangan Anda tentang poligami? Berikut pandangan Nong Darol Mahmada.

Vollverschleierte Frauen (picture-alliance/dpa/B. Roessler)

Setiap memasuki dunia pernikahan maka selalu ucapannya adalah semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah dan rahmah. Tujuan pernikahan memang untuk meraih hidup yang sakinah (tenang) dalam balutan mawaddah (Cinta) dan rahmah (kasih sayang), bukan hanya sekedar menyalurkan kebutuhan biologis saja.

Namun baru baru ini di media sosial ramai curhat kekecewaan Dian Rose, istri penyanyi Opick. Ia kecewa suaminya menikah lag i secara diam-diam dengan perempuan yang cukup dekat dengan keluarganya. Dian dan Opick telah menikah selama 17 tahun dan telah dikaruniai 6 putra/i.

Penulis: Nong Mahmada

Penulis: Nong Mahmada

Tentu saja saya sangat memahami dan memaklumi kekecewaan dan kemarahan Dian sebagai seorang istri yang telah dikhianati suaminya ini. Meski sang suami berargumen bahwa poligami dibolehkan oleh agama tapi saya sepenuhnya setuju dengan pernyataan Dian bahwa "Poligami ngga semudah memuntahkan spermamu pada lubang yang baru". Saya mengamini sepenuhnya pernyataan ini.

Syaratnya berat

Dalam doktrin Islam baik itu Alquran maupun Hadis, poligami memang disebutkan secara terang benderang. Tapi saya malah memahaminya perilaku ini dilarang karena syaratnya sangat berat yaitu harus bisa bersikap adil. Bahkan karena sulitnya berlaku adil maka Alqur an menyarankan agar beristri satu saja.

Juga dalam kenyataannya, kebanyakan suami yang melakukan poligami dimulainya dengan melakukan kebohongan sehingga mengakibatkan kekerasan kepada anggota keluarga baik istri maupun anak-anaknya. Ini juga yang terjadi pada poligami yang dilakukan oleh Opick bila kita baca curahan hatinya yang viral itu.

  • Königin Elizabeth II. Trauung 1947 (Imago/ZUMA/Keystone)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Elizabeth & Philip

    Ratu Inggris Elizabeth II sudah jatuh cinta pada Philip (ketika itu Pangeran Yunani dan Denmark) sejak berusia 13 tahun. Ketika pertunangan resmi, banyak orang mengkritik karena sang pangeran miskin, dan saudara-saudaranya punya hubungan dengan Jerman yang baru saja menyebabkan Perang Dunia II. 1947 ini jadi peristiwa paling geger di televisi.

  • Promi Hochzeit Prince Charles und Lady Diana (imago/United Archives International)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Diana & Charles

    Untuk foto pernikahan memang orang harus tersenyum bahagia. 750 juta orang di seluruh dunia melihat upacara pernikahan 29 Juli 1982 di televisi. Di penampilan cantik ada keputusasaan. Bagi Diana ini hari terburuk hidupnya, karena Pangeran Charles mencintai perempuan lain. Walaupun diberkati dengan dua putera, mereka semakin tidak bahagia dan akhirnya berpisah tahun 1992.

  • Großbritannien Königshaus Kate und William Hochzeit 29.04.2011 (dapd)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangg a

    Kate & William

    Bertahun-tahun setelah kandasnya rumah tangga Diana dan Charles, kembali terdengar berita menggembirakan dari istana kerajaan Inggris. Sejauh ini Pangeran William dan Kate tampak sebagai pasangan kerajaan tanpa skandal. Tahun 2011 mereka menikah. Masyarakat umum suka dengan pasangan ini, serta anak mereka George dan Charlotte.

  • Carl Gustav mit Silvia Sommerlath als Brautpaar (AFP/Getty Images)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Silvia & Carl Gustav

    Saat Olimpiade 1972 Silvia Sommerlath yang tidak berdarah biru berkenalan dengan pangeran pewaris tahta Swedia. Keduanye menikah Juni 1976. Berkaitan dengan peristiwa itu, grup musik pop asal Swedia ABBA menciptakan lagu hit "Dancing Queen". Itu peristiwa mengharukan bagi warga Jerman, karena Silvia or ang Jerman. Tapi rumah tangga mereka tidak berjalan mulus.

  • Promi Hochzeit Victoria und Daniel von Schweden (Getty Images/T. Laursen)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Victoria & Daniel

    Tak berdarah biru, ibunya jadi Ratu Swedia. Kini Putri Victoria bersuami pria yang bukan dari keluarga kerajaan. 2010 Victoria menikahi pelatih fitnessnya Daniel Westling. Walaupun Raja Carl Gustav awalnya tidak suka, dan rakyat Swedia skeptis, pangeran baru itu sekarang jadi pria kesayangan keluarga kerajaan.

  • Hochzeit Grace Kelly Fürst Rainier von Monaco (-/AFP/Getty Images)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Gracia & Rainier

    Dari bintang film kenamaan AS Grace Kelly, April 1956 ia menjadi bangsawan Gracia Patricia dari Monako. Upacara pernikahan mereka ditonton 30 juta orang. Setelah upacara mewah itu, ia tidak jadi bintang film lagi, melainkan hanya ibu dan istri. Rumah tangga mereka tidak bahagia, tapi Grace tetap setia, dan mereka mendapat tiga anak. 1982 Grace Kelly meninggal dalam kecelakaan lalu lintas.

  • Bildergalerie Giorgio Armani Charlene von Monaco Hochzeitskleid (Getty Images)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Charlene & Albert

    Bangsawan Albert dari Monaco adalah putra satu-satunya Gracia dan Rainier. 2011 ia menikah dengan perenang Charlene Wittstock yang berusia 20 tahun lebih muda. Charlene juga tidak berdarah biru! Pada hari pernikahannya, Charlene mengenakan baju penga ntin karya Armani. Sejumlah selebriti berdatangan, dan seluruh Monaco senang. Pernikahan mereka tampaknya bahagia. Foto: Charlene bersama ayahnya.

  • Nicky Hilton und James Rothschild Hochzeit (picture alliance/N. Jorgensen/Capital Pictures)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Nicky & James

    Nicky Hilton adalah pewaris kaya raya pemilik hotel Hilton. 2015 ia menikah dengan multi milyuner James Rothschild asal Inggris. Karena keduanya kaya raya, pestanya juga sangat mewah. Gaun pengantin Nicky dirancang Valentino, harganya sekitar 78.000 Dolar. Lokasi pesta adalah ruang istana kerajaan Inggris Kensington, yang jadi tempat bermukim Pangeran William dan Kate.

  • Promi Hochzeit Marilyn Monroe und Joe DiMaggio (Getty Images/AFP)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Marilyn & Joe

    Pemain baseball Joe DiMaggio menikahi Marilyn Monroe tahun 1954. Marylin adalah istri idamannya. Pernikahan hanya berlangsung singkat, penuh guncangan dan rasa cemburu Joe yang kuat. Walaupun akhirnya berpisah, ia tetap mencintai Marilyn. Ketika Marilyn meninggal tahun 962, Joe mengurus penguburannya.

  • Spanien Königliche Hochzeit Prinz Felipe und Prinzessin Letizia 2004 (picture alliance/AP Photo)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Letizia & Felipe

    Ini pernikahan yang jadi perhatian di tahun 2004. Putra mahkota Spanyol menikah dengan moderator TV Letizia. Ini jadi skandal. Le tizia sudah pernah menikah! Tapi pasangan itu tidak peduli. Letizia dan Felipe punya dua anak perempuan. Setelah mertuanya, Raja Juan Carlos menyerahkan tahta ke suaminya, Letizia akan jadi ratu. Menurut kalangan dekat, mereka bahagia.

  • Venedig Hochzeit George Clooney und Amal Alamuddin 29.09.2014 (Reuters/Alessandro Bianchi)

    Pesta Mewah Tak Jamin Kelanggengan Rumah Tangga

    Amal & George

    2014 pengacara dan bintang film itu menikah di Venesia. Mereka pasangan serasi, dan dalam waktu dekat akan mendapat anak kembar. Kicauan terakhir tentang mereka sempat membuat guncang dunia selebriti. Amal mengusir George dari kamar tidur mereka, hanya karena George mengorok sangat keras. Penulis: Silke Wünsch (ml/ap)


KH. Husein Muhamad dalam bukunya berjudul "Ijtihad Ky ai Husein" menyebut ada tiga pandangan terhadap poligami. Pertama, poligami adalah Sunnah alias mengikuti perilaku nabi Muhamad. Keadilan yang eksplisit disebut dalam Alquran cenderung diabaikannya atau hanya sebatas argumen verbal belaka.

Kedua, pandangan yang memperbolehkan poligami dengan syarat-syarat yang ketat. Ketiga, pandangan yang melarang poligami secara mutlak. Perbedaan pandangan ini berkaitan dalam menafsirkan Surat An-Nisa ayat 3: "Dan jika kamu takut tidak bisa berbuat adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (ketika kamu menikahinya), maka nikahilah perempuan-perempuan (lain) yang kamu senang: dua, tiga atau empat, jika kamu tidak bisa berbuat adil, maka cukup seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya."

Pak Quraish Syihab adalah seorang ulama yang bisa dianggap mewakili pandangan kedua. Menurutnya, ayat ini tidak juga menganjurkan apalagi mewajibkan poligami. Ayat tersebut ha nya bicara tentang bolehnya poligami, dan itu pun merupakan pintu kecil yang hanya dapat dilalui oleh siapa yang sangat amat membutuhkan, dan dengan syarat yang tidak ringan.

  • default

    Khadijah, Feminis Islam Pertama

    Pebisnis sukses dan terhormat

    Ayah Khadijah merupakan saudagar sukses dari suku Quraisy yang bermukim di Mekah. Dalam masyarakat yang didominasi kaum pria, Khadijah mewarisi keterampilan, integritas, dan keluhuran ayahnya. Ia mengambil alih bisnis tersebut dan berdagang, mulai dari mebel, tembikar dan sutra -- melalui pusat-pusat perdagangan utama pada saat itu, dari Mekah ke Syria dan Yaman.

  • default

    Khadijah, Feminis Islam Pertama

    Berjiwa mandiri

    Dia menikah dua kali sebelum akhirnya menikahi Nabi Muhammad. Kedua pernikahan itu dikaruniai anak-anak. Ketika kembali menjan da, ia sangat hati-hati dalam mencari pasangan. Sebagai perempuan sukses dan hebat, tak sedikit pria ingin meminangnya. Tak ingin lagi menderita ditinggal suami, ia memfokuskan diri sebagai orangtua tunggal, hingga akhirnya meminta Nabi menikahinya. Ia jatuh cinta...

  • default

    Khadijah, Feminis Islam Pertama

    Umur bukan halangan

    Cintanya tak bertepuk sebelah tangan. Khadijah mempelajari sifat dan pengalaman Nabi Muhammad yang mengelola kafilah pada rute perdagangan ketika menyertai pamannya, Abu Thalib. Usianya menginjak 40 tahun ketika menikah dengan Nabi Muhammad yang kala itu berusia 25 tahun.

  • default

    Khadijah, Feminis Islam Pertama

    Istri ideal, lambang kisah cinta sejati

    Pernikahan Khadijah & Muhammad merupakan pernikahan monogami hingga akhir hayatnya 25 tahun kemudian. Kenabi an Muhammad mulai sejak pernikahannya dengan Khadijah, ketika menerima wahyu melalui Malaikat Jibril yang membuatnya takut, tegang & merasa sendiri kala tak seorangpun percaya padanya. Khadijah menghibur dan mendukung suaminya di masa paling sulit dalam hidupnya.

  • default

    Khadijah, Feminis Islam Pertama

    Pemeluk Islam pertama

    Khadijah, ibu pertama kaum Mukmin, adalah orang pertama di bumi yang menerima Muhammad sebagai nabi terakhir Allah dan menerima wahyu yang memuncak menjadi Al-Qur'an. Dia disambut dengan "Salam kedamaian” oleh Allah sendiri serta Malaikat Jibril. Dia mewariskan harta duniawi dan menempatkan dirinya untuk menghadapi ancaman bahaya dalam mendukung Nabi Muhammad menegakkan Islam di negeri itu.

  • default

    Khadijah, Feminis Islam Pertama

    Ia mendermakan kekayaan d uniawinya bagi kaum miskin

    Khadijah memberikan penghasilannya kepada orang miskin dan anak yatim, untuk para janda dan orang sakit. Dia membantu gadis-gadis miskin untuk menikah dan memberikan mas kawin bagi mereka. Khadijah menjadi salah satu wanita paling luar biasa dalam sejarah. Perempuan saleh, sederhana dan berani mencapai cita-citanya. (foto: Mauseleum Khadijah di Mekkah, wikipediacommon)

    Penulis: ap/rzn (huffingtonpost)


Merujuk pada pernikahan Nabi Muhamad secara utuh

Kata Pak Quraish, bila kita belajar dan merujuk pada pernikahan Nabi Muhamad secara utuh, beliau menikah monogami (satu istri) dengan Khadijah selama 25 tahun. Kehidupan poligami Nabi hanya 8 tahun. Jika demikian, mengapa bukan masa yang lebih banyak yang diteladani?

Bahkan dengan terang-terangan Nabi tidak mengizinkan puterinya, Fatimah, dimadu oleh suaminya, Ali bin Thalib. Ali pun taat dan hidup monogami sampai Fatimah wafat. Alasan Nabi melarang Ali mempoligami puterinya karena itu menyakiti hati puterinya, bila hati puterinya sakit maka beliau juga sakit.

  • Warren Jeffs (Picture alliance/AP Photo/T. Nelson)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Sang pemimpin sekte poligami

    Masih ingat Warren Jeffs? Ia pemimpin sekte poligami di AS yang divonis penjara seumur hidup pada tahun 2011 dalam kasus kekerasan seksual pada anak-anak perempuan di bawah umur. Sekte yang dipimpinnya, Fundamentalist Church of Jesus Christ of Latter Day Saints (FLDS), menyempal dari aliran utama Gereja Mormon. Sekte itu memperbolehkan punya banyak istri.

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Rumah poligami

    Jeffs disebut-sebut punya 79 istri â€" termasuk beberapa anak di bawah umur. Istri-istrinya dikumpulkan dan tinggal di sebuah kompleks perumahan di kawasan Utah, AS. Tahun 2017, salah satu istrinya ingin menjadikan rumah pemimpin sekte poligami itu sebagai salah satu tempat wisata di Amerika Serikat.

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Jadi lokasi wisata

    Rencana pengalihfungsian kediaman Jeffs menjadi lokasi wisata, diprakarsai istri Jeffs ke-65, yakni Brielle Decker. Dulu, ia dipaksa menikah dengan Jeffs di usia 18 tahun. Kini Brielle Decker yang sudah berusia di atas 30 tahun, berencana membeli rumah yang bernilai 1,2 juta dolar AS tersebut dan mewujudkan rencananya.

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Banyak kamar dan ruangan

    Rumah di Hildale, Utah ini memiliki lebih dari 40 kamar, lengkap dengan ruang pertemuan, ruang ibadah, ruang makan dan dapur yang megah. Decker, sang istri ke 65 Jeffs kini sudah terbebas dari pernikahannya yang tak sah dan memulai hidup baru dengan pasangannya,

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Melongok isi kamar tidur

    Inilah pemandangan kamar tidur salah satu anggota keluarga Jeffs. Sekte poligami yang juga dikenal dengan nama FLDS ini dit engarai memiliki sekitar 10.000 pengikut. Para pengikut sekte poligami dikisahkan memisahkan diri dari Gereja Mormon lebih dari seabad lalu, setelah aliran Mormon meninggalkan poligami.

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Ruang makan

    Decker menunjukkan ruangan-ruangan lainnya yang dulu dipakai keluarga besar Jeffs. Di antaranya ruang makan yang amat luas. Sang pemimpin sekte menekankan: "Paling tidak harus punya tiga istri jika ingin masuk surga. Semakin banyak istri, semakin dekat ke surga."

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rum ah Pemimpin Sekte Poligami

    Mainan dan olah raga

    Di pojok ruangan yang tampak bagaikan aula ini masih tersisa barang-barang seperti mainan anak-anak dan alat-alat berolahraga. Kehidupan anak-anak di sekte ini mengenaskan. Mereka diduga tak mendapat pendidikan formal, sering alami kekerasan dan anak-anak perempuan dipaksa kawin dengan pria-pria dewasa saat mereka mencapai masa pubertas.

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Dapur keluarga besar

    Ini salah satu dapur keluarga besar Jeffs. Saat Jeffs diciduk aparat, anak-anak dari sekte ini diselamatkan ke rumah-rumah singgah, Mei 2006, Jeffs masuk dalam daftar 10 orang yang paling dicari FBI atas tuduhan perkosaan anak dan mengatur perkawinan anak perempuan di bawah umur dengan orang dewasa. Akhir Agustus 2007, Jeffs tertangkap di Arizona.

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Poligami ilegal di AS

    Poligami dilarang di Amerika Serikat. Namun aparat sempat kesulitan menangani sekte poligami FLDS ini karena khawatir berulangnya tragedi seperti saat pengepung markas sekte Cabang Davidian di Waco,Texas, tahun 1993. Saat itu, pecah insiden dan puluhan orang tewas.

  • USA Gebäudekomplex der ehem. FLDS-Kirche in Utah (Reuters/G. Frey)

    Menguak Rumah Pemimpin Sekte Poligami

    Dua sofa di luar gedung

    Ini bagian luar dekat salah satu pintu masuk ke dala m kompleks gedung kediaman Jeffs dan keluarganya. Kini pengikut dan keluarganya telah meinggalkan kompleks sekte tersebut. Aset-aset sekte dijual pada anggota, mantan anggota ataupun anggota keluarga. (Ed: ap/as)


Argumen di atas merupakan salah satu argumen dari pandangan ketiga yang menolak perilaku poligami. Dengan memberikan dalil-dalil yang berasal dari penafsiran atas ayat-ayatnya Alquran dan Hadis menyatakan bahwa Islam memilih sistem monogami. Tidak ada ayat Alquran yang mengapresiasi perilaku poligami, apalagi mengaitkan poligami dengan ukuran ketakwaan seseorang. Dalam ayat di atas jelas dan tegas menolak poligami "Yang demikian itu (monogami) lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya."

Jadi pernyataan Dian Rose yang mengatakan bahwa poligami ngga semudah memuntahkan sperma pada lubang yang baru itu adalah benar adanya. Dan semestinya keluarga harus dirawat dan dibangun agar terwujud suasana mawaddah, penuh cinta dan kasih sayang tanpa ada kekerasan karena godaan lubang baru.

Nong Darol Mahmada (ap/rzn)

Tentang penulis:

Nong Darol Mahmada adalah aktivis perempuan yang tulisan-tulisannya sering dimuat di media nasional, editor beberapa buku dan pembicara di berbagai konferensi internasional. Ia juga merupakan Direktur Eksekutif Omah Munir, Museum HAM di Indonesia.

@nongandah

*Setiap tulisan yang dimuat dalam #DWNesia menjadi tanggung jawab penulis.

  • Kinderehe in Afghanistan

    Pernikahan Anak di Asia

    Lari di Tahun Kelima

    Bas Gul yang berusia 17 tahun bernasib muram. Saat usia 11 tahun ia dipaksa menikah dengan bocah berusia lima tahun. Di tahun kelima Bas Gul melarikan diri dan sejak itu bersembunyi di tempat penampungan khusus perempuan di Bamiyan, Afghanistan. Situasi perempuan di Hindukush dipersulit dengan budaya lokal yang cendrung diskriminatif terhadap kaum hawa.

  • Bildergalerie Kinderheirat in Südasien

    Pernikahan Anak di Asia

    Pengantin Balita

    Seorang remaja berusia 16 tahun (ki) menuggu upacara pernikahan dengan bocah perempuan yang jauh lebih muda (ka) di India. Keduanya dinikahkan secara massal bersamaan dengan perkawinan 140 bocah lain yang berusia antara empat hingga 17 tahun. Orangtua dan lingkungan sosial berperan besar dalam budaya pernikahan anak di India.

  • Bildergalerie Kinderheirat in Südasien

    Pernikahan Anak di Asia

    Pernikahan Antar Klan di Pakistan

    Pernikahan anak di Pakistan terutama dipraktekkan di wilayah kesukuan. Kebudayaan setempat mengenal tradisi pernikahan antara klan atau suku yang sering melibatkan anak d i bawah umur. Menurut Institute for Social Justice, sebuah LSM di Pakistan, dalam banyak kasus pernikahan di bawah umur didorong oleh himpitan kemiskinan.

  • Bildergalerie Kinderheirat in Südasien

    Pernikahan Anak di Asia

    Korban Permusuhan Keluarga

    Dalam beberapa kasus kepolisian berhasil mencegah terjadinya pernikahan anak, seperti di Pakistan. Aparat keamanan lokal kemudian menahan ayah kedua calon mempelai. Kejaksaan menyeret mereka dengan dakwaan berupaya menikahkan bocah perempuan berusia empat tahun dengan bocah laki-laki berusia tujuh tahun. Pernikahan ini dimaksudkan untuk mengakhiri pertengkaran antara keluarga.

  • Bildergalerie Kinderheirat in Südasien

    Pernikahan Anak di Asia

    Tradisi Mengala hkan Konstitusi

    Mamta Bai yang berusia 12 tahun, baru menuntaskan upacara pernikahan dengan bocah berusia 14 tahun, Bablu di Bhopal, India. Sejatinya pemerintah India telah melarang pernikahan anak. Namun Undang-undang belum mampu mengubah tradisi yang telah mengakar selama ratusan tahun.

  • Bildergalerie Kinderheirat in Südasien

    Pernikahan Anak di Asia

    Nikah Paksa di India

    Sharadha Prasad (Ki) dan pengantin perempuannya Kumla Baiof (ka) ikut serta dalam upacara pernikahan massal untuk 50 remaja di bawah 18 tahun. Parlemen India sejak 2006 telah menelurkan Undang-undang yang melarang pernikahan di bawah umur. Tapi organisasi HAM mengeluhkan, ribuan bocah, beberapa dikabarkan berusia di bawah lima tahun, tetap dinikahkan secara paksa setiap tahunnya.

  • Bildergalerie Kinderheirat in Südasien

    Pernikahan Anak di Asia

    Wabah di Bangladesh

    Bangladesh termasuk memiliki tingkat pernikahan anak tertinggi di dunia. Sepertiga perempuan Bangladesh mengaku menikah sebelum berusia 15 tahun. Kendati dilarang Undang-undang, orangtua mempelai bisa menyuap aparat negara untuk mengeluarkan sertifikat nikah. "Pernikahan anak sedang mewabah di Bangladesh," kata Heather Barr, peneliti untuk Human Rights Watch di Bangladesh.

    Penulis: rzn/as


Laporan Pilihan

  • Tanggal 28.08.2017
  • Kata Kunci dwnesia, #dwnesia, poligami, opick, menikah, dimadu, bercerai, nabi, ulama
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumb le reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2ispl

Konten terkait

Symbolbild Polygamie

Memahami Poligami Menolak Selingkuh 28.08.2017

Ketika mempertanyakan poligami, selain dituduh tak taat agama, banyak istri disodori alternatif mengenaskan: 'Lho, daripada diselingkuhi ya mending dikawini, toh?' Bagaimana harus menjawabnya? Opini Uly Siregar.

Malaysia Frauen mit Kopftuch

Cirebon Tandai Kebangkitan Feminis Muslimah di Indonesia 01.05.2017

Sekarang Cirebon bisa mendapat predikat baru sebagai kota kebangkitan feminis Muslimah di Indonesia. Mengapa? Berikut opini Julia Suryakusuma.

Indonesien ragment eines Briefes von Kartini an Rosa Abendanon

“Curhat-an” Ibu Kita Kartini 17.04.2017

'Habis Gelap Terbitlah Terang' dianggap menginspirasi perempuan Indonesia untuk mau mencapai kesetaraannya di kemudian hari nanti. Buku itu lahir dari curhatan hati Kartini dalam surat-suratnya. Ulasan Andibachtiar Yusuf

Sumber: DW

Reponsive Ads