Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Gerindra, PAN dan PKS diprediksi berkoalisi di Pemilu 2019

Gerindra, PAN dan PKS diprediksi berkoalisi di Pemilu 2019 ...

Gerindra, PAN dan PKS diprediksi berkoalisi di Pemilu 2019

Merdeka > Politik Gerindra, PAN dan PKS diprediksi berkoalisi di Pemilu 2019 Selasa, 26 Desember 2017 19:06 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengamat politik dari Universitas Paramadina Arif Susanto melihat peta politik di Pemilu 2019 akan kembali seperti 2014 lalu. Hal ini menyusul makin mesranya tiga partai yakni Gerindra , PKS dan PAN di sejumlah Pilkada 2018 mendatang.

Saat 2014, tiga partai tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) bersama Golkar, PPP dan PBB. Dia menyebut tahun 2018 akan terjadi rekonfigurasi politik nasional.

"Karena politik akan kembali mengalami polarisasi politik yang mirip 2014. Buktinya, Gerindra-PAN-PKS sudah membuat kesepakatan meskipun kita juga harus bikin catatan," kata Arif di D Hotel, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (26/12).

Dia merunut, konflik partai tidak kunjung selesai. Di 2014, perpolitikan nasional terbagi menjadi dua kubu KMP dan KIH yang diisi PDI-P, PKB, Partai NasDem, Partai Hanura, dan PKPI. Bergeser 1 tahun berselang, polarisasi politik memindahkan konflik ke KPK.

"Pelemahan KPK termasuk kriminalisasi komisioner," ujarnya.

Kemudian, kata Arif, terjadi pergeseran sedikit ketika Golkar, PPP dan PAN menyeberang ke koalisi partai pendukung pemerintah. Lalu masuk 2017, dia menilai sebagai tahun k ebencian. Sebab, masyarakat di Indonesia terbelah antara kubu nasionalis dan religius karena munculnya politik identitas di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Untuk diketahui, ketiga partai sepakat akan berkoalisi pada Pilgub tahun depan yang berlangsung di lima provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara. [eko]


Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2019
  2. Gerindra
  3. Partai Amanat Nasional
  4. PKS
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News Pemilu

Reponsive Ads