Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kerabat Jokowi jadi kandidat kuat dampingi petahana Teuku Erry di ...

Kerabat Jokowi jadi kandidat kuat dampingi petahana Teuku Erry di ... ...

Kerabat Jokowi jadi kandidat kuat dampingi petahana Teuku Erry di ...

Merdeka > Politik Kerabat Jokowi jadi kandidat kuat dampingi petahana Teuku Erry di Pilgub Sumut Rabu, 27 Desember 2017 21:00 Reporter : Yan Muhardiansyah Doli Sinomba Siregar. ©2017 Merdeka.com/Yan M

Merdeka.com - Siapa yang akan mendampingi gubernur petahana Tengku Erry Nuradi pada Pilgub Sumut masih belum diketahui. Pascamundurnya Ketua DPD G olkar Sumut, Ngogesa Sitepu, dari pasangan ini, bangku kosong itu kini mengerucut pada dua nama.

Rapat pleno diperluas DPD I Partai Golkar Sumut bersama DPD II Partai Golkar kabupaten/kota se-Sumut di Hotel Polonia, Medan, Rabu (27/12) akhirnya memutuskan akan mengusulkan Doli Sinomba Siregar dan Nurhajizah Marpaung ke DPP Partai Golkar.

"Hasil pleno ini sudah memutuskan dua nama itu untuk menjadi bakal calon wakil gubernur mendampingi T Erry Nuradi pada Pilgub Sumut 2018," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut, Irham Buana Nasution, usai memimpin rapat.

Sebelumnya, sejumlah nama sudah mendaftarkan diri untuk menjadi bakal calon pendamping Erry, menggantikan Ngogesa Sitepu. Dari internal partai, ada nama Doli Sinomba Siregar. Sementara dari eksternal, Wakil Gubernur Brigjen Purn Nurhajizah Marpaung dan Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara.

Namun, Tim 10 yang dibentuk DPD I Partai Golkar Sumut hanya membawa dua nama pada rapat pleno dip erluas itu. Keduanya yakni Nurhajizah Marpaung dan Doli Sinomba Siregar. Ivan tidak masuk dalam pembahasan.

Ketua tim penjaringan calon Wagub di DPD Golkar Sumut, Sahlul Umur Situmeang, menjelaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai tahapan penjaringan sesuai prosedur. Dari kader partai, hanya Doli yang dinilai memenuhi syarat.

"Hanya Doli Sinomba Siregar yang lolos persyaratan, baik sesuai perundang-undangan maupun aturan kepartaian. Selebihnya tidak lolos karena tidak mengikuti wawancara," ujarnya.

Karena hanya satu orang yang dinilai memenuhi syarat, tim kembali melakukan penjaringan dari kalangan eksternal. Beberapa tokoh mendaftar, seperti Ivan Iskandar Batubara dan Nurhajizah Marpaung. Namun kata Sahlul, Ivan tidak mengikuti tahapan wawancara.

Karena itu, tim memutuskan Nurhajizah Marpaung sebagai calon dari eksternal partai yang memenuhi syarat. "Sesuai mekanisme, maka nama Doli Sinomba Siregar dan Nurhajizah Marpaung kami bawa k epada DPD Golkar untuk dibawa dalam rapat pleno diperluas ini," jelas Sahlul.

Nurhajizah saat ini menjabat Wakil Gubernur Sumut. Perempuan ini merupakan pensiunan tentara dengan pangkat terakhir brigadir jenderal.

Sementara, Doli Sinomba Siregar merupakan kader Golkar yang kini duduk sebagai anggota DPRD Sumut. Dia pun telah menjadi kerabat Presiden Jokowi, setelah keponakannya, Bobby Nasution, menikah dengan Kahiyang Ayu, putri orang nomor satu di republik ini.

Doli pula yang memberi marga Siregar kepada Kahiyang. Acara itu pun digelar di rumahnya di Jalan STM Medan beberapa waktu lalu.

Posisi bakal calon Wagub Sumut pendamping Erry Nuradi memang lowong, setelah ditinggal Ngogesa Sitepu. Bupati Langkat yang juga Ketua DPD Golkar Sumut ini mundur karena alasan kesehatan. Padahal sebelumnya DPP Partai Golkar telah menerbitkan surat dukungan pada Erry dan dirinya untuk Pilgub Sumut 2018. [rzk]


Topik berita Terkait:
  1. Pilgub Sumut
  2. Partai Golkar
  3. Medan
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News Petahana

Reponsive Ads