Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Presiden Peru Lolos dari Pemakzulan

Presiden Peru Lolos dari Pemakzulan JAKARTA â€" Upaya Kongres untuk memakzulkan Presiden Peru, Pedro Pablo Kuczynski karena tudingan p...

Presiden Peru Lolos dari Pemakzulan

JAKARTA â€" Upaya Kongres untuk memakzulkan Presiden Peru, Pedro Pablo Kuczynski karena tudingan penerimaan suap gagal, setelah peserta sidang di kongres tidak bisa mencapai suara minimal persetujuan.

Sebanyak 79 legislator memberi dukungan mosi, 19 anggota menentang, serta 21 sisanya menyatakan abstain. Setidaknya, perlu 87 suara dukungan agar dapat meloloskan mosi pemakzulan.

  • Kongres Paraguay Segera Legalkan Ganja
  • Prancis Senang Dengan Hasil Undian Piala Dunia 2018
  • Sebelum Hilang, Kapal Selam Argentina Alami Korsleting
  • Pencarian Kapal Selam Argentina yang Hilang Didukung Belasan Negara

Mosi itu tidak berhasil disepakati setelah melalui 14 jam sesi musyawarah, termasuk juga dua jam pernyataan pembelaan dari Kuczynski.

"Permintaan pemakzulan dengan dasar ketidakmampuan moral yang prinsipal tidak diterima," ucap Ketua Kongres, Lui s Galarreta, di Lima, Peru, Jumat (22/12).

Mosi pemakzulan diusulkan ke Kongres setelah Kuczynski dituding terlibat skandal korupsi firma konstruksi Odebrecht. Perusahaan asal Brazil itu menjadi perhatian di Amerika Latin setelah mengakui menyuap sejumlah pejabat negara di kawasan itu untuk mendapatkan proyek.

Kuczynski menjadi salah satu pejabat tinggi yang dituding menerima sogokan Odebrecht sebesar US$ 5 juta atau sekitar 67.7 miliar rupiah. Suap itu dikabarkan diterima pria 79 tahun tersebut pada periode 2004 dan 2013.

Mulai sejak itu, partai oposisi sayap kanan, Kekuatan Populer, yang memegang sebagian besar suara di parlemen bertekad mendepaknya dari jabatan presiden.

Kuczynski pun menyambut baik hasil voting parlemen itu dengan menyatakan hari ini sebagai lembar baru rekonsiliasi di negaranya.

Dia bahkan menganggap mosi pemakzulannya itu sebagai bentuk "kudeta" dan "penyerangan" terhadap demokrasi.< /p>

"Warga Peru, besok akan dimulai lembar baru dalam sejarah kita untuk melakukan rekonsiliasi dan rekonstruksi di negara ini. Satu kekuatan, untuk satu Peru," ucapnya melalui Twitter.

Puluhan warga pendukungnya pun datang ke istana kepresidenan untuk mengucapkan selamat kepada Kuczynski atas hasil voting parlemen hari ini.

Sebagian besar pengamat memprediksi Kuczynski akan dimakzulkan. Sebab, sebanyak 93 anggota parlemen sebelumnya mendukung mosi pemakzulan itu untuk diajukan ke Kongres.

Tag

Sumber: Google News Parlemen

Tidak ada komentar

Latest Articles