Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Balon independen tak lolos, bupati petahana tanpa lawan di Pilkada ...

Balon independen tak lolos, bupati petahana tanpa lawan di Pilkada ... ...

Balon independen tak lolos, bupati petahana tanpa lawan di Pilkada ...

Merdeka > Politik Balon independen tak lolos, bupati petahana tanpa lawan di Pilkada Deli Serdang Senin, 22 Januari 2018 15:06 Reporter : Yan Muhardiansyah Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Jalan bupati petahana Deli Serdang, Ashari Tambunan, untuk kembali berkuasa di kabupaten itu semakin mulus. Dua bakal calon indepe nden yang menantangnya pada Pilkada 2018 kemungkinan tidak dapat bertarung karena pencalonannya ditolak.

KPU Deli Serdang menyatakan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen, Sofyan Nasution-Jamilah dan Mion Tarigan-Zainal Abidin, tidak memenuhi syarat. Jumlah dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang mereka serahkan tidak mencapai syarat minimal yang ditetapkan.

Saat verifikasi pertama, dukungan KTP kepada kedua pasangan independen itu di atas dukungan minimal, yakni 90 ribuan lebih. Sebelumnya KPU menetapkan jumlah syarat dukungan minimal 87.496 fotokopi KTP atau Surat Keterangan dari Disdukcapil dengan sebaran minimal 12 kecamatan dari 22 kecamatan di Deli Serdang.

"Setelah diverifikasi administrasi dan faktual, pasangan Sofyan-Jamilah yang memenuhi syarat hanya 1.500-an. Untuk Mion-Zainal yang memenuhi syarat hanya 30 ribuan. Kemudian mereka diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan, perbaikannya itu dua kali lipat dari syarat minimal 87 ribuan itu," kata Komisioner KPU Deli Serdang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Bobby Indra Prayoga, Senin (22/1).

Upaya perbaikan itu telah dilakukan kedua pasangan bakal calon. Mereka sudah menyerahkannya kepada KPU Deli Serdang. Namun, setelah diverifikasi, mereka kembali dinyatakan gagal memenuhi syarat dukungan KTP.

Setelah dilakukan penghitungan, pasangan Mion-Zainal menyerahkan
147.922 fotokopi KTP pendukung. Namun yang memenuhi syarat hanya 97 ribuan. Sementara pasangan Sofyan-Jamilah menyerahkan 173.522 fotokopi pendukung. Namun setelah dihitung, hanya 110 ribuan yang sah.

"Jadi dengan jumlah segitu, sesuai hasil pleno, kedua pasangan tidak memenuhi syarat," jelas Bobby.

Sementara Sofyan Nasution mengaku sangat kecewa dengan keputusan KPU. "Kami sangat kecewa dan keberatan. KPU secara sepihak menyatakan formulir B1-KWK (formulir penyataan dukungan perseorangan) kami tidak cukup," ka ta Sofyan Nasution.

Meski dinyatakan tidak memenuhi syarat, kedua bakal pasangan calon masih punya harapan. Mereka dapat melakukan gugatan kepada Panwaslih Deli Serdang.

Setelah dua pasangan independen yang mendaftar dinyatakan tidak memenuhi syarat, Pilkada Deli Serdang diperkirakan hanya akan diikuti pasangan Ashari Tambunan-Yusuf Siregar yang diusung 11 partai politik. Ashari saat ini masih menjabat Bupati Deli Serdang. [lia]

Baca Juga:
TB Hasanuddin ingin perempuan berdaya saing di bidang ekonomiPuti Soekarno menangis napak tilas jejak Bung Karno di SurabayaPilkada, Jokowi ingatkan jangan sampai tidak memilih karena beda sukuLidah Puti Soekarno dibikin menari nikmati pecel Ketabang KaliTemui Via dan Nella, Gus Ipul ingin Vyanisty dan Nella Lovers bersatuPengasuh Ponpes Darul Ulum puji langkah Puti silaturahmi untuk redam situasi politikCucu pendiri Marhaen bisa kalahkan pendukung Pakde Karwo di Pilgub Jatim
FOKUS
PILKADA SERENTAK 2018

Topik berita Terkait:
  1. Pilkada Serentak
  2. Pilkada Deli Serdang
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • Sosok Gus Ipul di mata Via Vallen

  • Juru kunci rumah kelahiran Bung Karno doakan Puti jadi Wagub Jatim

  • Balon independen tak lolos, bupati petahana tanpa lawan di Pilkada Deli Serdang

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News Petahana

Reponsive Ads